• Home
  • Profil
    • Sejarah SMK Swadhipa 2 Natar
    • Visi dan Misi
    • Kurikulum
    • Fasilitas Sekolah
    • Struktur Organisasi
    • Staf Pimpinan
    • Dewan Guru dan Karyawan
  • Konsentrasi Keahlian
    • Teknik Kendaraan Ringan
    • Teknik Instalasi Tenaga Listrik
    • Teknik Komputer dan Jaringan
    • Teknik Sepeda Motor
    • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Kegiatan Sekolah
    • Upacara
    • Belajar Mengajar
    • Ekstrakulikuler
    • Osis
    • Pramuka
    • Prestasi
    • Rohis
    • Ujian sekolah
  • Informasi
    • Berita Terbaru
    • Penerimaan Siswa Baru
    • Pengumuman
  • Alumni
SMKS Swadhipa 2 NatarSMKS Swadhipa 2 Natar
  • Home
  • Profil
    • Sejarah SMK Swadhipa 2 Natar
    • Visi dan Misi
    • Kurikulum
    • Fasilitas Sekolah
    • Struktur Organisasi
    • Staf Pimpinan
    • Dewan Guru dan Karyawan
  • Konsentrasi Keahlian
    • Teknik Kendaraan Ringan
    • Teknik Instalasi Tenaga Listrik
    • Teknik Komputer dan Jaringan
    • Teknik Sepeda Motor
    • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Kegiatan Sekolah
    • Upacara
    • Belajar Mengajar
    • Ekstrakulikuler
    • Osis
    • Pramuka
    • Prestasi
    • Rohis
    • Ujian sekolah
  • Informasi
    • Berita Terbaru
    • Penerimaan Siswa Baru
    • Pengumuman
  • Alumni

allpost

Home » Blog » Project PKL Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKS Swadhipa 2 Natar: Wujud Pembelajaran Berbasis Proyek di Dunia Otomotif

Project PKL Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKS Swadhipa 2 Natar: Wujud Pembelajaran Berbasis Proyek di Dunia Otomotif

  • Posted by admin
  • Categories allpost, Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
  • Date October 29, 2025
  • gallery
  • gallery
  • gallery
  • gallery

Sebagai bagian dari implementasi pembelajaran Teaching Factory (TeFa) dan Project Based Learning (PjBL), siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMKS Swadhipa 2 Natar melaksanakan Project PKL yang berfokus pada kegiatan nyata di bidang otomotif. Kegiatan ini dirancang agar siswa memperoleh pengalaman langsung yang relevan dengan dunia industri serta mampu mengasah keterampilan teknis dan sikap profesional.

Tujuan Project PKL

Kegiatan Project PKL ini memiliki beberapa tujuan utama, yaitu:

  • Meningkatkan pemahaman dan keterampilan praktis dalam bidang reparasi mobil, meliputi pengecatan ulang bodi kendaraan, pemeriksaan serta perbaikan mesin, sistem kaki-kaki, dan sistem kelistrikan sesuai standar industri otomotif.
  • Melatih kemampuan kerja sama tim, komunikasi, dan manajemen proyek di lingkungan kerja nyata.
  • Menumbuhkan sikap tanggung jawab dan profesionalitas kerja pada setiap peserta didik.
  • Menerapkan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) sebagai wujud nyata dari konsep Teaching Factory di SMK.

Jenis Project yang Dikerjakan

Dalam pelaksanaan Project PKL tahun ini, siswa TKR mengerjakan tiga jenis proyek utama, yaitu:

  1. Reparasi Mobil
  2. Perakitan Stand Engine
  3. Pelatihan Mobil Listrik (Electric Vehicle)

Setiap proyek dirancang agar siswa terlibat secara langsung, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi hasil kerja.

Pembagian Kelompok Kerja

Untuk memastikan efektivitas dan pemerataan pengalaman belajar, kegiatan dibagi dalam beberapa kelompok kerja:

  • Reparasi mobil terdiri dari 4 kelompok, masing-masing beranggotakan 15–20 siswa.
  • Perakitan stand engine dibagi menjadi 2 kelompok, setiap kelompok beranggotakan 15–20 siswa.
  • Pelatihan mobil listrik diikuti oleh 20 siswa yang secara khusus mempelajari teknologi kendaraan listrik.

Pembagian ini memungkinkan setiap siswa untuk fokus pada bidang yang berbeda namun tetap saling mendukung satu sama lain dalam satu kesatuan pembelajaran otomotif.

Hasil yang Diharapkan

Melalui kegiatan ini, diharapkan para siswa mampu:

  • Melakukan pengecatan ulang, pemeriksaan, dan perbaikan mesin, sistem kaki-kaki, serta kelistrikan kendaraan dengan tepat sesuai standar industri otomotif.
  • Memahami teknologi mobil listrik, mengenali komponen utama seperti baterai dan motor listrik, serta mampu melakukan pemeriksaan dan perawatan dasar kendaraan listrik.

Model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) memiliki peran penting dalam mempersiapkan siswa TKR menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Melalui pendekatan ini, siswa tidak hanya belajar teori, tetapi juga terjun langsung dalam situasi kerja nyata yang melibatkan analisis kerusakan, perawatan, hingga prosedur bengkel sesuai standar industri.

Selain meningkatkan keterampilan teknis, PjBL juga menumbuhkan sikap profesional, tanggung jawab, serta kemampuan kerja sama dan komunikasi, yang menjadi bekal penting di era perkembangan teknologi kendaraan modern.

Keterampilan yang Dikembangkan

Dalam proyek ini, siswa mengembangkan berbagai keterampilan praktis, antara lain:

  • Reparasi mobil, termasuk pengecatan ulang, perbaikan mesin, kaki-kaki, dan sistem kelistrikan.
  • Perakitan stand engine serta penguasaan teknik pengelasan rangka kendaraan.
  • Pemahaman dasar mobil listrik (Electric Vehicle), mencakup cara kerja, perawatan, serta penanganan komponen utama seperti motor listrik dan baterai.

Dengan bekal ini, siswa diharapkan menjadi lulusan yang siap bersaing di dunia kerja sekaligus adaptif terhadap perkembangan teknologi otomotif yang terus berkembang.

Tanggapan dan Harapan Kepala Jurusan TKR

Tri Widia Winggu Saputra, S.T., selaku Kepala Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKS Swadhipa 2 Natar, menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap pelaksanaan proyek ini.

“Saya senang pihak sekolah mengadakan proyek ini karena dapat memberikan pengalaman langsung dan keterampilan praktis kepada siswa di bidang otomotif, termasuk teknologi mobil listrik yang sedang berkembang pesat. Harapannya, melalui proyek ini siswa tidak hanya memiliki kemampuan teknis, tetapi juga sikap profesional dan kemampuan kerja sama yang baik untuk menghadapi tantangan di dunia kerja,” ujarnya.

Kegiatan Project PKL ini menjadi bukti nyata bahwa SMKS Swadhipa 2 Natar berkomitmen menerapkan pembelajaran yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan industri. Melalui proyek berbasis praktik dan kolaborasi, siswa tidak hanya belajar tentang kendaraan, tetapi juga tentang kerja keras, tanggung jawab, dan profesionalisme nilai-nilai yang akan mereka bawa saat melangkah ke dunia kerja sesungguhnya.

Tag:Otomotif, PjBL, PKL, Project PKL, SMK, Teknik Kendaraan Ringan, TKR

  • Share:
author avatar
admin

Previous post

Lomba Baca Biografi dan Peran Tokoh Pahlawan Nasional di SMKS Swadhipa 2 Natar
October 29, 2025

You may also like

lomba-biografi-pahlawan-sumpah-pemuda-2025-09-min
Lomba Baca Biografi dan Peran Tokoh Pahlawan Nasional di SMKS Swadhipa 2 Natar
29 October, 2025
Upacar-Memperingati-Sumpah-Pemuda-05
Upacara Peringatan Sumpah Pemuda 2025 di SMKS Swadhipa 2 Natar: Semangat Persatuan dalam Keberagaman
29 October, 2025
Mapel Project PKL TKJ – 06
Mapel Project PKL Teknik Komputer dan Jaringan di SMKS Swadhipa 2 Natar
22 October, 2025

Search

Artikel Lainnya

  • Project PKL Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMKS Swadhipa 2 Natar: Wujud Pembelajaran Berbasis Proyek di Dunia Otomotif
  • Lomba Baca Biografi dan Peran Tokoh Pahlawan Nasional di SMKS Swadhipa 2 Natar
  • Upacara Peringatan Sumpah Pemuda 2025 di SMKS Swadhipa 2 Natar: Semangat Persatuan dalam Keberagaman
  • Mapel Project PKL Teknik Komputer dan Jaringan di SMKS Swadhipa 2 Natar
Logo SMK Swadhipa 2 Natar

SMK Swadhipa 2

Teknologi Manufaktur dan Rekayasa, Energi Pertambangan dan
Teknologi Informasi.

  • Jl. Swadhipa No. 217 Bumisari Natar Lampung Selatan
  • 0721-7600079
  • smkswadhipa2@gmail.com

SMK Swadhipa 2 Natar by TKJ/RPL Powered by IT SWADHIPA 2.